5 Universitas Swasta Jurusan Agribisnis Terfavorit dan Berkualitas – Sekarang ini, jurusan Agribisnis telah banyak disukai oleh beberapa calon mahasiswa. Dengan alasan mempunyai tujuan ingin tingkatkan kualitas pertanian di Indonesia atau membidik prospek kerja yang lain. Bukan hanya negeri, universitas swasta jurusan Agribisnis telah banyak yang terakreditasi A.

Indonesia terhitung negara agraris yang mempunyai banyak komoditas pertanian. Lulusan dari Fakultas Pertanian benar-benar diperlukan untuk bisa lebih memajukan kualitas bidang pertanian di Indonesia, satu diantaranya dari program studi Agribisnis.

Bersamaan perubahan jaman, bidang pertanian tidak bisa ketinggalan. Hingga, salah satunya peranan lulusan jurusan Agribisnis yakni memperkenalkan cara mengurus tempat pertanian secara kekinian.

Universitas Swasta Jurusan Agribisnis dengan Akreditasi A

Saat memilih untuk kuliah di perguruan tinggi swasta, kamu seharusnya menyaksikan akreditasi jurusannya lebih dulu, selanjutnya akreditasi instansinya. Tiap prodi yang memiliki akreditasi berlainan, biasanya mempunyai fasilitas pendidikan dan prestasi yang beda juga, walau di satu universitas yang serupa.

1. Universitas Medan Area (UMA)

Universitas swasta ini ada di Medan dan mempunyai dua kampus yang tempatnya berlainan. Lima dari 2 puluh program studi di universitas ini telah terakreditasi A, salah satunya yang terakreditasi A yakni prodi Agribisnis. Akreditasi prodi yang lain rerata B.

Banyak prestasi yang telah dicapai oleh Universitas Medan Area. Beberapa salah satunya yakni telah melakukan proses akreditasi laboratorium dari SNI ISO/IEC, raih peringkat akreditasi A untuk Perpustakan tahun 2019, opini penghargaan sebagai kampus Sehat dari Kopertis Daerah I tahun 2015, dan ada banyak yang lain.

UMA juga bekerja bersama dengan beberapa pihak seperti BUMN/BUMD, perusahaan swasta, lembaga pemerintah, dan perguruan tinggi luar dan dalam negeri. Telah banyak fasilitas yang ada yang bisa memberikan dukungan proses evaluasi dan kenyamanan mahasiswa.

2. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas swasta dengan jurusan Agribisnis ke-2 yang telah terakreditasi A yakni Universitas Muhammadiyah Malang. Program studi di universitas swasta ini telah banyak yang terakreditasi A. Secara institutnya juga universitas ini telah terakreditasi A sudah sejak lama.

Baca Juga : 6 Daftar Universitas Swasta Jurusan Hukum Terbaik Dan Terfavorit

Jika kamu kuliah agribisnis di sini, kamu akan pelajari hard kemampuan dan soft kemampuan di bidang ekonomi pertanian, manajemen agribisnis, dan sosiologi dan penerangan pertanian. Telah banyak alumni jurusan Agribisnis dari universitas ini yang bekerja di beberapa bidang pertanian, konsultan, pendidik, bahkan juga di lembaga keuangan.

3. Institut Pertanian Stiper (Instiper)

Selainnya di universitas, kamu bisa kuliah jurusan Agribisnis di institut pertanian. Jika kamu belum mengetahui, perbedaan universitas dan institut itu disaksikan dari jenis perguruan tingginya. Universitas ialah perguruan tinggi yang mempunyai banyak rumpun cabang ilmu, seperti hukum, teknik, sains, sosial, dan lain-lain.

Dan institut lebih konsentrasi ke satu cabang ilmu. Misalkan institut pertanian, fakultas yang ada cuma yang terkait dengan pertanian atau sains yang lain. Jurusan Agribisnis di Instiper telah terakreditasi A secara beragam fasilitas evaluasi yang bisa meningkatkan potensi beberapa mahasiswa.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Salah satunya universitas swasta terkenal di Yogyakarta, nih. Jika kamu ingin kuliah di Jogja dengan jurusan Agribisnis, kamu bisa tentukan UMY. Universitas yang dibangun di tahun 1981 ini telah terakreditasi A untuk lembaga kampusnya. Jurusan Agribisnis di UMY terhitung jurusan yang telah terakreditasi A .

UMY mempunyai visi misi untuk unggul dalam kepenguasaan IPTEK yang akan memberikan dukungan peningkatan proses pendidikan jurusan Agribisnis dibarengi budi pekerti yang Islami. Peningkatan agribisnis akan diraih bersama konsep Islam. Disamping itu, hasilkan lulusan yang mumpuni dan memiliki daya saing di dunia kerja.

Proses evaluasi di UMY berdasarkan kurikulum pendidikan tinggi yang telah sesuai Rangka Kwalifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang disebut standard nasional pendidikan tinggi.

5. Universitas Janabadra Yogyakarta

Masih di Yogyakarta, universitas dengan jurusan agribisnis terakreditasi A yang lain di kota Siswa ini yakni Universitas Janabadra Yogyakarta. Universitas ini mempunyai visi misi untuk hasilkan sumber daya manusia yang punyai jiwa kewiraswastaan di bidang agribisnis dengan semangat kerja yang lebih tinggi.

Tidak itu saja, Universitas Janabadra dalam pendidikannya di bidang agribisnis ikut dalam meningkatkan dan mengaplikasikan ilmu teknologi untuk tingkatkan kualitas pertanian berkesinambungan, kedaulatan pangan di Indonesia, dan kesejahteraan masyarakat.

Berusaha untuk hasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewiraswastaan dalam bidang agribisnis, beragam soft kemampuan, dan punyai agility untuk hadapi beragam peralihan di zaman industri 4.0 ini.

Prospek Kerja Lulusan Agribisnis

Prospek kerja lulusan Agribisnis itu luas dan bisa bekerja di beberapa lembaga. Misalnya jadi ASN, bekerja di BUMN, lembaga swasta industri pangan, perusahaan perkebunan Agroindustri, periset atau pendidik, agrotechnopreneur, dan organisasi nirlaba.

Sebagai cara awalannya, kamu menguatkan diri untuk memilih kuliah di universitas swasta jurusan Agribisnis yang mana kamu harapkan. Universitas swasta di atas terhitung universitas swasta yang baik, lho.