Ini nih, salah satu Jurusan favorit banyak calon mahasiswa. Meski dikenal dengan perkuliahan yang padat dan ditempuh dengan waktu yang cukup lama, Jurusan Pendidikan Dokter nggak pernah sepi peminat. Saat berkuliah di Pendidikan Dokter kamu akan mempelajari cara mendiagnosis penyakit yang dialami pasien kemudian mengobati dan mencegah timbulnya kembali penyakit itu. Selama kuliah kamu banyak belajar anatomi tubuh manusia, biologi sel dan molekuler, genetika, biokimia, juga farmakologi. Kamu juga dibekali dengan latihan keterampilan dalam skill lab. Nah setelah fase perkuliahan pre-klinik, kamu bakalan dapat pelatihan dasar di berbagai stase di Rumah Sakit. Setelah itu, baru deh diputuskan mau langsung ambil program spesialisasi atau bekerja pada institusi kesehatan.

Prospek Kerja Lulusan Kedokteran

1. Dokter Gigi

Bagi Kamu yang berkuliah di jurusan kedokteran gigi, Kamu bisa menjadi dokter gigi. Kamu bisa bekerja di klinik gigi maupun buka praktik sendiri. Kamu juga bisa bekerja di rumah sakit atau puskesmas. Tugas Kamu adalah menangani orang-orang dengan masalah gigi, termasuk juga dalam hal estetika gigi.

Untuk bisa menjadi dokter gigi, Kamu harus masuk ke jurusan kedokteran gigi. Gaji seorang dokter gigi bervariasi mulai dari Rp 4 juta per bulan dan bisa terus meningkat.

2. Dokter Umum

Bagi Kamu yang berkuliah di jurusan kedokteran umum, maka Kamu bisa menjadi dokter umum. Ini merupakan peluang kerja terbesar dari jurusan ini. Profesi dokter umum sangat menjanjikan karena Kamu bisa bekerja di rumah sakit maupun buka praktik data sgp sendiri. Jika Kamu ingin buka praktik sendiri, Kamu tidak bisa membuka praktik dengan sembarangan karena ada persyaratan yang harus Kamu penuhi. Gaji yang didapatkan oleh seorang dokter umum mulai dari Rp5.000.000 per bulan.

3. Dokter Spesialis

Peluang atau prospek kerja kedokteran berikutnya adalah menjadi dokter spesialis. Setelah lulus dari jurusan pendidikan dokter dan mendapatkan gelar dokter, Kamu bisa mengambil Program Pendidikan Dokter Spesialis atau PPDS selama kurang lebih 2 tahun. Untuk bidang spesialisasinya, bisa Kamu sesuaikan dengan minat Kamu.

4. Dokter Hewan

Bagi Kamu yang berkuliah di jurusan kedokteran hewan, maka Kamu bisa menjadi dokter hewan. Kamu bisa bekerja di klinik hewan atau buka praktik sendiri. Setiap harinya, Kamu bisa bertemu dengan berbagai jenis hewan yang lucu dan menggemaskan. Kalau Kamu tergerak untuk membantu dan menolong hewan-hewan tersebut, Kamu bisa masuk ke jurusan kedokteran hewan agar bisa menjadi dokter hewan.

Seorang dokter hewan bisa mendapat gaji mulai dari Rp5.000.000 per bulan dan bisa terus meningkat seiring waktu.

5. Kepala Rumah Sakit

Prospek karir berikutnya dari lulusan kedokteran adalah Kamu juga berkesempatan menjadi kepala rumah sakit. Sebelum menjadi kepala rumah sakit, Kamu bisa memulai dari nol di bagian manajemen rumah sakit sampai akhirnya menempati jabatan yang tinggi.

Dari profesi ini, Kamu bisa mendapatkan penghasilan hingga belasan juta rupiah. Belum lagi jika Kamu membuka praktik sendiri, maka penghasilan Kamu bisa lebih banyak.

6. Dosen

Sebagai lulusan jurusan kedokteran, Kamu tidak harus menjadi dokter. Kamu bisa bekerja sebagai dosen di perguruan tinggi. Namun untuk menjadi dosen jenjang S1, minimal Kamu harus bergelar master atau lulus dari jenjang pendidikan S2.

Sebagai dosen, Kamu bisa mendapat penghasilan mulai dari Rp4.000.000 per bulan dan bisa terus meningkat seiring dengan pengalaman dan prestasimu.

7. PNS

Peluang atau prospek kerja kedokteran lainnya adalah bekerja di instansi pemerintah. Lulusan kedokteran juga bisa bekerja sebagai PNS. Untuk bisa menjadi PNS, Kamu perlu mengikuti rekrutmen CPNS yang diadakan oleh pemerintah. Nantinya, Kamu bisa menempati formasi sebagai praktisi maupun sebagai pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan.

Sebagai PNS Kamu bisa mendapat gaji Rp5.000.000 per bulan dan bisa terus meningkat sesuai jabatanmu.

8. Peneliti

Setelah lulus dari jurusan kedokteran Kamu juga bisa bekerja sebagai peneliti di bidang kedokteran atau kesehatan. Hasil dari penelitian yang Kamu lakukan akan sangat berguna untuk perkembangan dan kemajuan ilmu kedokteran. Penelitian ini juga penting untuk mengetahui adanya potensi masalah kesehatan di masyarakat. Sebagai peneliti, gaji yang bisa Kamu dapat bisa mencapai belasan juta rupiah per bulan.