Daftar 7 Beasiswa yang ada di Perguruan Tinggi Indonesia – Beberapa macam beasiswa di perguruan tinggi, sudah pernahkah kamu mencoba? Pada umumnya, beasiswa memberikan keuntungan untuk penerimanya dari sisi keuangan dalam memudahkan biaya kuliah. Bahkan juga, lajurnya juga sekarang ini telah banyak. Bukan hanya untuk keluarga yang kurang sanggup, tetapi ada yang berprestasi di akademik atau non akademik.

Sekarang ini telah banyak beasiswa yang ada di perguruan tinggi. Masing-masing mempunyai persyaratan dan ketetapannya sendiri. Untuk kamu yang ingin coba beasiswa di sini, berikut ini beberapa macam beasiswanya yang ada.

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Salah satunya jenis atau jenis dari beasiswa yang bisa kamu dapatkan dalam perguruan tinggi ialah Peningkatan Prestasi Akademik. Beasiswa itu diperuntukkan ke mahasiswa yang aktif berkuliah di jenjang S1 sampai D4 atau mahasiswa D3. Bila kamu sukses mendapatkan beasiswa ini, karena itu kamu akan mendapatkan tiap bulannya Rp 400.000.

Pertamanya kali, beasiswa PPA diberi di masa tahun bujet jalan sepanjang enam bulan. Cara untuk lakukan registrasinya juga benar-benar gampang. Kamu bisa langsung mendaftarkan di kampusmu sendiri. Dalam pada itu, ada banyak syarat yang perlu kamu penuhi, diantaranya:

  • Minimal untuk semester 2
  • Penuhi syarat nilai IPK sejumlah 3,0
  • Menyertakan bukti foto copy transkrip nilai yang telah ditetapkan
  • Menyertakan bukti foto copy KRS, KTM, Pajak Bumi dan Bangunan, dan rekening listrik
  • Menyertakan bukti surat info pendapatan orangtua dan ditetapkan
  • Menyertakan bukti berbentuk surat jika kamu tidak terima beasiswa lain

Beasiswa Berbentuk Bidikmisi

Beasiswa kuliah yang banyak dicari oleh beberapa mahasiswa ialah bidikmisi. Jenis beasiswa ini sebagai kontribusi biaya pendidikan yang didapatkan dari pemerintahan lewat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Beasiswa itu diutamakan ke mahasiswa yang tidak sanggup dalam sisi ekonominya.

Tetapi, mahasiswa itu harus mempunyai nilai akademik yang baik untuk tempuh pendidikan pada program studi favorit. Umumnya, beasiswa bidikmisi akan memikul biaya kuliah sampai lulus. Ketentuannya ialah mahasiswa harus lulus secara tepat waktu atau sama sesuai waktu normal untuk lulus.

Beasiswa KIP Kuliah

Beberapa macam beasiswa yang bisa kamu coba daftarkan dan ada dalam perguruan tinggi ialah KIP Kuliah. Beasiswa itu sebagai program baru yang dibikin oleh pemerintahan. Maksudnya untuk gantikan beasiswa bidikmisi dengan bujet yang semakin lebih besar. Tidaklah aneh bila syarat dan sasarannya sama dengan beasiswa untuk bidikmisi.

Baca Juga : Inilah 5 Universitas Swasta Termurah dan Berkualitas di Indonesia

Umumnya, pendaftaran KIP Kuliah bersama dengan pendaftaran dalam SNMPTN. Bila kamu mendapatkan beasiswa itu, karena itu kamu bisa mendapatkan biaya hidup sejumlah Rp 700.000 tiap semester. Sementara biaya pendidikan capai Rp 2.400.000 tiap semester yang sudah dilakukan sepanjang empat tahun.

Beasiswa Berbentuk Kontribusi Biaya Mahasiswa

Beberapa macam beasiswa di perguruan tinggi yang bisa kamu coba ialah Kontribusi Biaya Mahasiswa. Jenis beasiswa ini asal dari Dirjen Dikti Kemdiknas dengan tujuan menolong ekonomi beberapa mahasiswanya. Syarat yang diperlukan dalam beasiswa ini hampir serupa dengan beasiswa PPA. Tetapi, ada banyak syarat khusus yang lain, diantaranya:

  • Mempunyai nilai IPK minimal 2,5
  • Menyertakan bukti surat info pertanda tidak sanggup dari kades atau lurah

Sampoerna Foundation, Beasiswa dari Lembaga Besar

Sudah pernahkah kamu dengar beasiswa Sampoerna Foundation? Jenis beasiswa itu diberi oleh PT HM Sampoerna Tbk dengan tujuan menolong siswa di semua Indonesia dengan prestasi yang lebih tinggi. Beasiswa itu akan memberikan biaya kuliah penuh sepanjang empat tahun, memberikan uang belanja, sokongan, biaya internet, dan buku.

Cara mendapatkan beasiswa yang ada di perguruan tinggi ini dengan lengkapi syaratnya. Salah satunya ketentuannya ialah mempunyai semangat yang lebih tinggi dalam membuat negeri.

Beasiswa dari BCA Finance

Jenis beasiswa yang ada di perguruan tinggi ialah beasiswa BCA Finance. Jenis beasiswa itu ialah beasiswa Perduli Anak Bangsa dengan sasaran mahasiswa kuliah S1 di PTN atau PTS.

Biaya yang akan kamu peroleh bila bisa lolos beasiswa ini ialah Rp 3.000.000 untuk setiap semester. Nanti uang itu akan diberi sampai mahasiswa capai semester 8 dalam perkuliahan. Syarat untuk mendapatkan beasiswa BCA Finance ialah IPK minimal 3,0 untuk PTN dan minimal 3,40 untuk PTS.

Djarum Beasiswa Plus, Beasiswa Terkenal di Indonesia

Beberapa macam beasiswa di perguruan tinggi, satu diantaranya ialah Djarum Beasiswa Plus. Beasiswa ini cukup terkenal di Indonesia di mana sasarannya ialah mahasiswa dengan prestasi tinggi di Indonesia. Umumnya, yang menerima beasiswa ini memiliki nama atau panggilan sebagai Beswan Djarum.

Dari beasiswa itu, dana yang bisa didapat sepanjang setahun capai Rp 750.000 tiap bulan. Ditambahkan lagi secara beragam jenis training yang mempunyai tujuan untuk tingkatkan soft kemampuan.

Tersebut beberapa macam beasiswa yang berada di perguruan tinggi Indonesia yang menarik buat kamu coba daftarkan. Kamu bisa menyaksikan masing-masing informasi lewat kampusmu. Mana beasiswa yang paling menarik buatmu?